Teknik Menyulam Tali Rafia Untuk Dekorasi Dinding

Spread the love

Bagi Anda yang menyukai hal-hal berbau kerajinan tangan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mendekorasi rumah dengan membuat kerajinan tangan sendiri. Ada banyak ide kerajinan tangan yang bisa Anda buat dari bahan yang murah misalnya dari tali yang bisa Anda beli di tempat jual tali rafia roll besar. Selama ini tali rafia mungkin dikenal sebagai tali yang biasa digunakan untuk mengikat barang dan menyempurnakan packing box.

Namun ternyata tali rafia juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan termasuk untuk dekorasi rumah. Dibutuhkan beberapa teknik khusus untuk bisa menyulap tali rafia menjadi hiasan yang menarik, salah satunya adalah teknik makrame. Dalam ulasan kali ini kami akan bahas lebih lanjut mengenai teknik menyulam tali rafia untuk dijadikan seni makrame yang cantik bila Anda aplikasikan sebagai hiasan dinding.

Seni Makrame Dari Tali Rafia

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar tentang seni makrame? Seni makrame adalah sebuah bentuk kesenian dalam membuat anyaman yang dikombinasikan dengan simpul-simpul yang biasanya dibuat dari bahan tali ataupun kain.

Dalam ukuran besar, seni makrame sering dijadikan sebagai hiasan dekorasi rumah terutama dekorasi dinding. Sedangkan yang dibuat dalam bentuk kecil, biasanya digunakan untuk hiasan baju, tas, dan sebagainya. Untuk membuat seni ini Anda bisa menggunakan berbagai jenis tali, termasuk salah satunya tali rafia yang bisa Anda beli di tempat jual tali rafia roll besar yang tersedia dalam beraneka pilihan warna.

Teknik Pembuatan Makrame

Dalam rangka membuat sebuah seni makrame untuk dekorasi rumah, Anda harus menerapkan teknik-teknik khusus. Anda bisa menggunakan salah satu teknik atau mengaplikasikan beberapa teknik sekaligus untuk menghasilkan karya yang menarik. Teknik-teknik yang digunakan dalam membuat sulaman tali rafia menjadi seni makrame adalah sebagai berikut :

Teknik Simpul

Teknik simpul tidak hanya berguna dalam kegiatan pramuka saja. Teknik simpul juga banyak digunakan dalam membuat makrame, khususnya dalam sulaman tali rafia.

Teknik Anyam

Teknik anyam atau anyaman adalah sebuah teknik menumpang tindihkan tali rafia untuk membuat sebuah pola yang unik. Anda bisa mengkombinasikan dua atau lebih warna tali rafia yang berbeda.

Baca juga : Tren Dekorasi Rumah Cantik Dari Tali Rafia

Teknik Tempel

Dalam membuat seni makrame dari tali rafia Anda juga perlu menggunakan teknik menempel. Anda bisa gunakan teknik ini untuk merekatkan dua atau lebih bahan baik dari jenis yang sama maupun yang berbeda. Sesuaikan jenis lem yang Anda gunakan dengan jenis bahan yang akan Anda tempel.

Teknik Rajut

Dalam membuat seni makrame Anda juga harus menguasai teknik merajut tali rafia. Anda bisa menggunakan teknik tusuk atas maupun tusuk bawah. Untuk teknik rajut bawah Anda harus mengaitkan tali rafia dari arah belakang. Sedangkan untuk teknik tusuk atas berarti Anda harus mengaitkan tali rafia dari arah depan.

Jenis Simpul Dalam Makrame

Selain mengenal jenis-jenis anyaman dan rajutan dalam membuat seni makrame dari tali rafia, Anda juga harus mengenal jenis-jenis simpul yang digunakan dalam makrame. Simpul ini bisa Anda aplikasikan untuk mengunci bagian rajutan atau anyaman dari rafia yang sudah Anda buat. Atau Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa teknik simpul untuk membuat pola tertentu.

Simpul Tunggal

Merupakan salah satu jenis simpul yang paling mudah untuk dibuat. Hasil dari simpul ini nantinya akan berbentuk seperti anak tangga. Untuk membuat variasi dari jenis simpul ini Anda bisa membuat bentuk berputar ke kanan ataupun ke kiri.

Simpul Mati

Jenis simpul ini memiliki ciri ikatan yang sangat kuat sehingga akan sulit dibuka. Simpul mati digunakan untuk mengunci bentukan sulam, anyaman, atau simpul lain yang sudah Anda buat sebelumnya.

Simpul Ganda

Berbeda dengan simpul tunggal yang dibuat dengan hanya satu tali saja. Simpul ganda bisa Anda buat dengan dua tali yang memiliki kombinasi warna yang berbeda. Ini bisa menjadi sebuah variasi yang unik untuk rajutan tali rafia yang Anda buat.

Simpul Rantai

Salah satu teknik simpul lainnya adalah simpul rantai. Di sini Anda memerlukan dua buah tali yaitu tali pasangan dan tali garapan. Dibutuhkan tali yang cukup panjang untuk membuat simpul ini. Maka dari itu Anda bisa membeli tali rafia ini di tempat jual tali rafia roll besar.