Tips Memilih Makeup Artist Sesuai Dengan Kebutuhan

Spread the love

Tips Memilih Makeup Artist Sesuai Dengan Kebutuhan

Tampil cantik dalam momen tertentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Make up menjadi salah satu penunjang penampilan Anda dalam setiap momen. Namun menggunakan make up secara mandiri hasilnya akan berbeda dengan riasan MUA (Make Up Artist).

MUA adalah jasa make up atau merias wajah dengan keahlian untuk membuat riasan yang cantik sesuai impian Anda. Dalam momen spesial, jasa mereka paling banyak wanita cari. Sebab, momen spesial bisa saja terjadi hanya satu kali seumur hidup.

Meskipun jasa ini memiliki keahlian dalam merias wajah namun memilih MUA yang akan merias Anda tidak bisa sembarangan agar hasilnya sesuai. Sehingga Anda membutuhkan tips memilih make up artist dengan kebutuhan berikut ini.

Menentukan Tema Make Up

Terdapat berbagai tema make up yang bisa Anda pilih. Katakanlah untuk kebutuhan acara pernikahan, ada make up pengantin ala Jawa, Sunda, Bugis, dan sebagainya. Masing-masing budaya tersebut memiliki tema make up dan pakaian yang berbeda satu sama lain.

Sementara untuk acara pesta bisa menggunakan jenis make up party look. Party look memiliki tampilan yang menutupi pori, sehingga cocok untuk acara seperti pesta. Foundation lebih tebal namun komposisi warna shadow tidak terlalu dramatis atau ekstrem, serta shading yang lebih kencang.

Bagi Anda yang akan membawakan sebuah acara tertentu bisa menggunakan tema make up panggung. Jenis make up semacam in sangat pas untuk acara di atas panggung.

Riasan make up ini memberikan penekanan pada efek tertentu, misalnya bagian hidung, mata, alis, dan bibir. Sehingga dari jarak jauh akan tampak lebih terang terkena sorotan lampu panggung.

Menentukan Karakteristik

Pada dasarnya tiap MUA memiliki kemampuan dan tingkatan skill yang berbeda. Sehingga ketika Anda sudah menentukan tema make up yang akan Anda gunakan, carilah MUA yang paling sesuai kebutuhan.

Misalnya Anda ingin make up pengantin ala Jawa. Sebaiknya cari MUA yang terkenal dengan hasil make up khas Jawa tersebut.

Berbeda jika Anda membutuhkan make up yang lebih soft. Pilihlah MUA yang bisa menampilkan make up natural dan flawless. Karena tidak semua hasil make up dari MUA natural namun flawless, ada pula yang cenderung bold.

Apabila Anda salah dalam memilihnya ketika Anda ingin make up yang natural namun hasilnya justru terlalu bold. Hal ini menjadikan riasan Anda tidak sesuai dengan tema yang Anda tentukan sebelumnya.

Cek Review MUA

Di era kemajuan teknologi, saat ini mayoritas jasa MUA sudah memiliki akun media sosial, terutama Instagram. Untuk melihat portofolio hasil make up pun tidak lagi sulit. Cukup dengan mengunjungi Instagram mereka, maka berbagai hasil riasan bisa Anda lihat.

Nah, dari postingan inilah Anda juga bisa melihat karakteristik dari MUA tersebut. Apakah mereka cenderung ahli dalam riasan natural atau bold.

Untuk kualitas mereka juga bisa Anda cek melalui kolom komentar. Biasanya orang-orang yang pernah menggunakan jasanya akan memberikan testimoni. Baik melalui kolom komentar atau postingan story.

Periksa apakah mayoritas komentar yang tertuju positif atau justru sebaliknya. Selain itu, akan lebih baik jika MUA tersebut memiliki website tersendiri.

Baca Juga : Cara Menghemat Biaya Pemakaian Pipa Besi

Produk Yang MUA Gunakan

Tiap jasa MUA memiliki produk-produk andalan yang berbeda untuk menunjang riasan mereka. Sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu sebelum menentukan MUA mengenai produk yang mereka gunakan.

Sebab, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda terutama jika Anda adalah pemilik kulit sensitif. Anda harus lebih selektif dalam memilih jenis produk yang akan Anda gunakan.

Tidak hanya soal produknya saja, namun Anda cek juga soal kebersihan alat make up yang mereka gunakan. Anda bisa memeriksanya dari berbagai postingan konten yang sudah mereka unggah.

Menyesuaikan Budget

Budget juga menjadi pertimbangan tersendiri ketika Anda memilih jasa MUA. Biaya untuk menggunakan jasa ini cukup variatif. Mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah bergantung pada kualitas, produk, dan reputasinya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa biaya yang mahal juga belum menentukan hasil yang memuaskan. Sehingga bagi Anda yang memiliki budget terbatas sebaiknya pintar-pintar dalam memilihnya.

Harga terjangkau juga belum tentu hasilnya mengecewakan. Bisa jadi mereka sedang mengadakan promo atau mencari pangsa pasar lebih luas.

Kesimpulan

Memilih jasa MUA memang harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, masing-masing dari MUA memiliki karakteristik khusus sesuai kemampuannya.

Sehingga perlu untuk menentukan tema terlebih dahulu barulah mencari jasa MUA yang karakteristiknya sesuai dengan tema yang Anda tentukan sebelumnya. Hal ini untuk menghindari hasil make up yang tidak sesuai dengan momen spesial Anda.

Setelah itu, barulah mempertimbangkan hal-hal lain. Seperti soal review MUA atau make up artist terdekat, budget yang Anda miliki, dan produk yang mereka gunakan.

Itulah tips memilih makeup artist sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bisa membantu Anda dalam menentukan jasa MUA untuk momen spesial Anda.